Tuesday, March 16, 2010

Ancaman Kaki Seribu

Tadi malam parah banget coz baru bisa tidur jam 1an gara2 ada kaki seribu yang nongkrong di deket laptop, 1 lagi di deket kasur. Gw ngomong ancaman kaki seribu karena tiap hari minimal 3 kali gw bisa liat kaki seribu dengan berbaga ukuran. Gatel banget gw liatnya, apalagi pas dy jalan ngerayap gitu.

Akhir2 ni gw suka gatel2 di kaki, padalah udah rajin cuci kaki. Panuan juga kagak, gw udah recheck 3 kali gak ada putih2nya, mungkin gw alergi sama kaki seribu.
Setelah gw search di google apakah kaki seribu berbahaya ato enggak ternyata gw cuma nemuin kayak gini nih.

Kaki seribu atau millipede (kelas Diplopoda, sebelumnya juga disebut Chilognatha) hidup di seresah tanaman dan makan sisa=sisa bahan organik yang telah membusuk. Hewan ini suka lingkungan yang lembab.

Kalo ternyata ada kaki seribu yang masuk rumah anda . maka berarti rumah anda lembab, selain itu di habitat aslinya sedang terganggu, mungkin menjadi panas karena banyak pohon yang di tebang, atau mungkin di semprot bahan kimia yang membuat kaki seribu tidak betah tinggal di habitatnya lagi.

CARA Mengatasinya :
1. Kurangi kelembaban dalam rumah anda. dmgam membiarkan sinar matahari masuk ke dalam. ( bila memungkinkan )
2. Saat mengepel lantai gunakan karbol wangi untuk lantai, bahan ini tidak disukai oleh kaki seribu, sehingga dia akan mencari tempat lain untuk hidupnya, (tidak membunuh kaki seribu)
3. Sumber kaki seribu biasanya adalah pekarangan yang banyak tanaman, kolam, sawah, atau tanah kosong yang tidak terawat.
Cari sumber adanya kaki seribu ini, kemudian sekeliling sumber ini beri / kelilingi dengan ijuk. bahan ini akan menghambat kaki seribu.
4. Kalo ternyata semua cara "ramah" diatas tidak dapat mengatasi. maka baru pakai bahan kimia aman yang di semprotkan di rumah. Yaitu semprotkan BIOVECTROL ™ yang mengandung bahan dasar ETOFENPROX (CHO) yang dapat menyerang system organ dalam tubuh hama

Sumber dari wikipedia mengatakan kalo tnyata kaki seribu mensekresikan semacam zat yang bisa bikin manusia jadi gatel2. Terjawablah sudah kenaa gw gatel2 akhir2 ini.

Sekian semoga tips memberantas kaki seribu ini cukup bermanfaat bagi Anda semua. Habis ini pasti gw praktekin, thanks Google.




Gambar kaki seribu diatas gw potret pas lagi liburan di Pulau Derawan

38 comments:

ce tuwes said...

dirumah aq mieh juga banyak bgt kaki seribu mungkin betul ngt yg dikatain disini karna rumah q lembab kali nya dan info ini bermanfaat bgt buat aq n kluarga q makasieh

Surya said...

Dimana kita bisa dapatkan biovectoral? Apa zat ini terkandung dalam obat serangga seperti baygon atau Hit?

Ariswanto said...

Baru liat gambarnya aja udah merinding... Ya tuhan, hindarkan hamba dari makhluk itu,,,

Anonymous said...

baru bulan ini saya mengalaminya, makasi info n tipsnya sangat membantu.

Unknown said...

Thanks infonya, kebetulan saya merasa tergaggu dengan adanya kaki seribu dirumah saya yang dalam sehari bisa ada 20 ekor main2 diruang keluarga dengan berbagai ukuran. Tiap hari saya harus direpotkan buat menyingkirkan kaki seribu. Sumbernya dari taman yg saya buat didalam rumah. Berbagai upa dah saya coba, mulai siram pakai deterjen, semprot pakai obat nyamuk, semprot pakai pembasmi hama kutu daun, sampai siram pakai detol. Tapi tetap aja kaki seribu meraja rela. Malah tanaman saya yang jadi mati karena disiram dan semprotkan bermacam2 obat itu.
Saya akan coba cari obat biovectoral itu nanti, mudah2an bisa mengatasi masalah.

Anonymous said...

Kalau aku sih, kaki seribu itu a/ makluk yg paling aq takuti,, merinding liatnya, klo mimpi ketemu KS bisa nggak bisa tidur lagi..
Malah² pas nnton National Geographic, ada hewan pemakan KS.. Mau muntah liat nya..
Serem gan,,

Stiker Barcode said...

wah bagus sekali nih, rumahku kemarin ada kaki seribu, kayanya perlu di coba juga tipsnya nih, terimakasih bermanfaat nih

Unknown said...

beli rumah baru dapat bonus hewan kaki seribu, yah bgitulah critannya rumah mewah (mepet sawah) he he he..
thx infonya

kiki said...

thanks infonya

Kebetulan smalem digigit kaki seribu

Anonymous said...

Thank infox,

and sekedar informasi buat membunuh kaki seribu siram aja minyak tanah atau bensin

Anonymous said...

Sekedar tips saja...sebelumnya dikamar kost saya juga sering didatengin makhluk itu,sehari bisa ditemukan 2-5 -___-
Saya biasanya menggariskan kapur ajaib di sekeliling tembok kamar kalau lagi rajin,dan hasilnya makluk itupun berkurang dari kamar saya :) meskipun ada ditemukan biasanya sudah tidak bernyawa.
Semoga bermanfaat.

ummu asma said...

Anak ku telinganya d masuki ulat kaki seribu,sampai keluar busa dri telinganya...bwa k rmh sakit dr pd bingung n hrs k spesialis tht n dr tht d daerah ku ga ada kcuali hri trrtentu...walhasil dg penuh perjuangan aku mbawa anak ku yg kesakitan dgigit kaki seribu d daerah telinga bag dlm n belakang kepala yg tetasa digigit2 k e kota utk mendptkan dr tht...duh miris skali ......

popi said...

Tanggap darurat mohon bantuan nya buat membasmi ulat kaki seribu menyerang warga pekanbaru kec limapuluh tj rhu'ini sangat meresahkan warga kami

Unknown said...

klo ketemu langsung d injak aja gan... jgn kasik ampun.

Radintas said...

kalo aku tak kasih WPC , cairan pembersih porselin (banyak dijual di minimarket).begitu dituang ke kluwingnya 5 menit langsung mati

Unknown said...

Padahal di rumah ku hawanya panas, kok bisa2 nya dia suka datang, tiap hari pasti ada, padahal tiap ketemu langsung bunuh, mana yg gedde warna kuning strips item,,,cara mencegahnya biar gak masuk rumah gimana ya,

Unknown said...

kos baruku lembab tempatnya,, murah sih... hemmm.. kaki seribu itu pasti berencana mau masuk ke kmrku.
kejadian luwing 1: pagi2 di dlm kmr tiba2 aku nginjak sesuatu yang keras yang aku kira potongan mie instan yang kering. tpi kok rasanya terlalu besar. aku lihat, ternyata itu kaki seribu yang udh mati. Aku heran knp bisa mati,, mungkin karena aku memberikan kapur semut di lantai depan pintu. makanya hewan itu bisa mati pas masuk kamarku.
Kejadian luwing 2: hewan itu cukup besar. dia berusaha masuk ke kmrku. untung saja aku segera tahu. lalu aku beri tetesan minyak kapak. beberapa menit kemudian dia menggeliat panas dan mati.

kok rasanya jadi kasihan sama luwing-luwing itu.. huhu

Unknown said...

Makasih tipsnya...., emang di rmh sy ada tamannya sich. Awalnya hewan itu paling banyak muncul di daerah dapur, dimana ada lubang kayak selokan sdh pasti hewan itu muncul. Sy nginjak itu sehari bisa sampe 20 ekor yg kecil panjang. Jijik bgt dech...!!! Kini smua selokan di dapur sdh ditutup tp tetap saja muncul bahkan masuk kamar. Sy bingung dari mana munculnya, eh stlh baca sumbernya dari taman, yach bener bgt!!

Unknown said...

Biovectrol bisa dibeli dmna ya gan??atau ada alternatif laen untuk melindungi biar bntang ini ga masuk kamar...mslhnya malam ini jelas ga tdur gara2 td nempel di leherku....hiii geli2 jijik...shari bisa 20 ekor aku matiin ni hewan.. mhon bantuannya. Trimakasih.. NB.Kanan kiri rmh saya memang lahan kosong..

Anonymous said...

Dikamar saya ada lubang yang saya curigai sebagai tempat keluarnya luing‚ saya penasaran bagaimana itu luing bisa berkembang biak diatas sana. Tiap hari saya harus memburu luing. Saya juga terus merasa was-was takut ada luing yang muncultiba-tiba. Setelah melihat artikel ini saya jadi merasa terbantu. Makasih sarannya :)

Anonymous said...

Terima Kasih Ya Info Tentang Luwing Yang Saya Takuti Selama Ini. Jadi Sekarang Saya Harus Membasmi Luwing Supaya Tidak Ada Yang Menggangu Lagi Thanks.

Anonymous said...

tuhan....malam ini aq gak bisa tidur...sumpah aq geli skali sm binatang stu ini...ini sdah berapa kalinya aq temuin smpe teriak2 gtu dia nempel dilenga sya pas tdur untungx aq rasa n cpat2 bngun aq gak mau tdur dkmar lagi...aq kwatirnya ma baby ku...gmana dong nanti baby ku jga di tempelin bantuin dg caranya usir binatang stu ini...menjijikkan dan aq geli banget liatnya sumpah parah...

Anonymous said...

Wah bner bgt ni , di rumah gw bnyak kaki seribu atau luwing gtu. Sering bgt kalo lagi duduk taunya udah jalan2 dikaki gtu atau di lantai padhal gtau tu dtgbya drimana . geli bgt ya

ascendy said...

Stelah browsing2..smua datangnya dari taman.. atau pot tanaman yg medianya tanah.lucunya di rumah sy musim ujan bln feb kluwingnya rame pada beranak pinak di pot depan rumah
..musim ujan juni ini kluwing di pot tanaman depan ga ada.. di pot dalem rumah yg rame pada wara wiri

Anonymous said...

Sudah sebulan berburu kaki seribu di dalam rumah dan halaman belakang. Mereka masuk dari tanah kosong dibelakang rumah, ada juga yang keluar dari bak kontrol. Entah kenapa terjadi ledakan populasi kaki seribu, yang mencapai 30an per hari, biasanya ga pernah begini. Besok akan saya coba dengan kapur ajaib, mudah2an bisa dibasmi.

Anonymous said...

Aku juga mengalami hal yg sama..kebetulan tinggal di rumah baru dg fasilitas kamar be AC tp 3 hari belakangan ini ketemu luwing yg masih kecil..pertama dia jalan ditanganku padahal masih subuh spontan aku bangun dan teriak ketakutan..kedua lagi nonton TV malem2 tiba2 luwing jalan keluar dr kamar..aduhhh jadi geli gara2 luwing walaupun masih kecil tp jalannya cepet banget..khawatir aja kalo sampe masuk telinga pas tidur...semoga jgn sampe terjadi..aminnnnn

Anonymous said...

Aku juga mengalami hal yg sama..kebetulan tinggal di rumah baru dg fasilitas kamar be AC tp 3 hari belakangan ini ketemu luwing yg masih kecil..pertama dia jalan ditanganku padahal masih subuh spontan aku bangun dan teriak ketakutan..kedua lagi nonton TV malem2 tiba2 luwing jalan keluar dr kamar..aduhhh jadi geli gara2 luwing walaupun masih kecil tp jalannya cepet banget..khawatir aja kalo sampe masuk telinga pas tidur...semoga jgn sampe terjadi..aminnnnn

Unknown said...

Akhir2 ini bnyak juga kaki seribu masuk kerumah .. sikamar mandi juga ditmpt cucian piring ada..smpe kekamar .. prtma udh naik ampe telinga untung ak pkek headset kedua dikaki ketiga dikaki juga...ya Allah..kenapa jdi bnyak gini sih..emng sih dpn rmh ad lahan kosong ad phon mangganya..jgn2 bner dri situ..tnya donk untk biovectrol belinya dimna??

mizzyu said...

Bgttt!!! Dlu pdhl g sring2 amat. Skrg sering bgt. D kmr mandi, bs smpe 3. Pernah lgi duduk, koq ad geli2 d wajah? Dgn santai, y dikibas biasa. G twnya, KAKI SERIBU!!!
Pernah jg lagi tdr, tebangun krn ad yg kek jln d tangan. Y sama... KAKI SERIBU!!!
Parno jadinya eeehhh!!!

mizzyu said...

Bgttt!!! Dlu pdhl g sring2 amat. Skrg sering bgt. D kmr mandi, bs smpe 3. Pernah lgi duduk, koq ad geli2 d wajah? Dgn santai, y dikibas biasa. G twnya, KAKI SERIBU!!!
Pernah jg lagi tdr, tebangun krn ad yg kek jln d tangan. Y sama... KAKI SERIBU!!!
Parno jadinya eeehhh!!!

Unknown said...

Ane tiap malem nangkepin kaki seribu di depan rumah supaya kaga masuk rumah tujuannya... ane buru tu kaki seribu.. kaga ampe sejam dapet tu 50 sampe 100 .
Banyangin aja tiap malem... kaga ada abis nya.. eh search google si betina sekali nelor bisa sampe 2000 telor.. waduh gimana bisa abis.. mana kalw nemuin lagi pada kawin. Udah macem2 cara di coba... kapur garem oli .. tetep aja lolos 2 atw 3 yg masuk rumah. Ruang tamu. kamar. Lantai. Tembok . Pusing ..

Unknown said...

Ane tiap malem nangkepin kaki seribu di depan rumah supaya kaga masuk rumah tujuannya... ane buru tu kaki seribu.. kaga ampe sejam dapet tu 50 sampe 100 .
Banyangin aja tiap malem... kaga ada abis nya.. eh search google si betina sekali nelor bisa sampe 2000 telor.. waduh gimana bisa abis.. mana kalw nemuin lagi pada kawin. Udah macem2 cara di coba... kapur garem oli .. tetep aja lolos 2 atw 3 yg masuk rumah. Ruang tamu. kamar. Lantai. Tembok . Pusing ..

Unknown said...

Kayak nya dmn2 lagi pada ngelug hewan inj. Dr rumah ku jg buwanyak. Pdhl drdl gak pernah da yang smpek masuk rumah. Emang ada tabah kosong d blakang rmh. Tp sebelum2nya gak pernah sampek populasi luwing kyak gni.
Prasaan Rumah dh bersih , eh tiba2 muncul tuh hewan. Ngeri kalo sampek masuk ke telinga. Jadi parno. Apa karena cuaca ya jd populasinya tdk terkendali.

Diajeng Lekha said...

Assalamu'alaikum

Ooo jadi ijuk akan menghambat kelabang masuk rumah makasih infonya mba' Ratna.....dan terima kasih, sukses untuk yang punya website

INA Cookies said...

Maaf mau tanya apa di rmh mas atau mba masih byk kaki seribu nya krn sy butuh skali utk pengobatan bapak sy. Maaf ya jd merepotkan. Klo bs sms sy nnt sy tlp balik. Sy di 0859 666 2 6000. Mksh ya

Nur Aisah said...

Baru saja mau tidur lampu aku matiin. Mau merem tiba2 ditangan berasa ada yg jalan.. Spontan berdiri ngebanting tu hewan. Trmksh infonya bsk saya coba sarannya kakak

Jor said...

Saya baru beli rumah, baru 3 hari ditempatin udah nemu 3 ekor luwig. Dan malam ini diruang tamu ktemu ukurannya lebih gede dari sebelumnya.
Sontak kaget dan merasa sangat geli.
Pas baca blog ini baru sadar kalo semua luwig itu berasal dari tetangga yang demen berkolam lele depan rumah dan menanami banyak bunga dalam pot.

Unknown said...

d tempat kos juga ada masuk smpai kedalam kamar subuh tadi..eh merayap smpai ke paha..untung x masih dlm keadaan bangun..jadi langsung q matiin ..eh ada lagi dua lagi hinggap di dinding.. buat q resah dan tak bisa tidur ..dtng x juga malem..nggak ada musim hujan pun

kerja dirumah