Sunday, October 18, 2009

NOTHING IS PERFECT

Nama gue Reynald. Umur 20 tahun. Tinggal di Jakarta. Aktivitas gue tiap hari kayak anak normal lainnya. Kuliah di perguruan tinggi negeri di Jakarta, jurusan teknik yang cukup menjanjikan. Gue ini jomblo sejati. Bukan berarti gue nggak tertarik sama yang namanya cewek, tapi sampe sekarang belum pernah ada cewek yang pas di mata gue. Selalu ada kekurangan yang bikin gue illfeel (ilang feeling gitu). Gue juga nggak jelek-jelek amat, banyak cewek yang suka gue. Entah kenapa nggak ada satu pun yang bikin gue deg-degan or merinding disko gitu deh. Gue masih inget, hari-hari nge-date nggak jelas gara-gara pengen menang taruhan sama temen, sapa yang paling cepet dapat pacar. Ah..tapi, yang namanya hati nggak bisa dibohongi, tetep aja gue nggak bisa maenin perasaan orang.
“Rey..” panggil Firman.
“Apa?” jawab gue tanpa noleh sedikit pun, gue masih berkutik mencari literatur yang pas buat kuliah ergonomi.
“Lo bagi resep ke gue dunk! Supaya bisa digandrungi cewek-cewek.”
Seketika gue memalingkan muka ke arahnya sambil menunjukkkan ekspresi NGGAK-SALAH-LO! Firman nyengir nakal. Permintaannya yang aneh itu nggak gue gubris. Selama ini gue nggak pernah pacaran. Boro-boro cinta mati sama cewek. Masak gue ngomong ke dia kalo cakep itu anugerah and yang namanya jelek itu takdir yang harus diterima.
“Kok lo nggak jawab, Rey? Pelit ih…” Firman mulai merajuk.
“Nggak kurang ya lo tuh harusnya bersyukur punya cewek kayak Lanny, udah cantik, baek pula. Dia mau nerima lo apa danya, mau nerima kalo lo suka buang gas sembarangan, suka telatan, suka nyontek, eh sekarang lo pengen pindah ke banyak hati. Nggak takut kena hukum karma lo?”
“Ya takut lah. Cuman gue heran aja, perasaan gue ma lo nggak banyak bedanya. Malah badan gue lebih ateletis dari lo. Kok cewek-cewek lebih suka ngejar lo daripada gue? Lo maen dukun yak?”
“Tobat, Mas! Ngapain medukun kurang kerjaan aje. Gue tuh normal. Sama kayak lo gue suka maen, suka liat cewek cantik. Bedanya lo punya cewek yang nemenin lo tiap malem minggu. Nah, seorang gue, mentok-mentok ke game center.”
“Trus kenapa coba, tuh cewek-cewek ngejar-ngejar lo?”
Sekali lagi gue tekanin sodara-sodara. Cakep itu anugerah dan jelek itu takdir. Tapi, masih ada satu hal yang bisa menyelamatkan kita untuk mendapatkan cinta. Cinta itu buta bahasa kerennya sih love is blind. Bagi yang merasa jelek berharaplah para cewek-cewek cantik itu buta. Yah, seperti yang kita liat di jalan-jalan, cewek cantik jalan sama under average boy atau sebaliknya. Kemungkinan terakhir perfect couple, ceweknya cantik cowoknya guanteng. Dunia ini adil kok. Hanya manusia aja yang kurang bersyukur seperti gue and temen gue satu ini.
Sedikit tips dari gue, gue adalah salah satu cowok yang wangi. Cakep itu relatif tapi wangi itu mutlak. So, buat cowok-cowok yang ngerasa jelek kalian cukup mandi 2 kali sehari pake sabun wangi, parfume yang banya enak, sama deodorant.Gampang, kan! Kesalahan temen gue ini karena dia rada bau. Nggak bau-bau amat sih Cuma punya masalah sama saluran pembuangannya alias doyan kentut. Berdasarkan buku psiko yang gue baca kalo cewek itu tertarik ma cowok yang punya bau badan oke. Beda sama cowok yang liat terus tertarik sama cewek dengan ngeliat mukanya. Cantik atau ancur trus baru turun ke bawah. Tapi, itu juga nggak mutlak. Kita nggak buru-buru cinta ma cewek hanya karena penampilan fisiknya doang, kepribadian juga penting. Yang jelas kita comfort bareng sama cewek yang nyambung and kalo bisa humoris, wah bisa jadi nilai plus tuh. He..he..he..kok malah ngelantur yak!
“Rey..Rey..” panggil Firman membuyarkan lamunan gue yang berlagak jadi psikolog.
“Mang napa sama cewek lu? Dia selingkuh pa?”
“Bukan itu masalahnya, Rey. Gue bosen aja jalan ma dia. Menurut gue, dia terlalu baek. Terlalu menurut. Terlalu pengertian. Dia mau terima semua, pernah gue sengaja nggak jemput dia. Eh, dia nggak marah. Rasanya nggak ada tantangan buat gue.”
Nah inilah yang namanya manusia. Nggak pernah puas sama apa yang mereka punya. Selalu pengen lebih dan lebih bahkan yang menurut gue, temen gue ini termasuk beruntung ngedapetin bunga kampus macam si Lanny.
Obrolan antar cowok. Meskipun sebenarnya dia meminta solusi, tapi untuk apa gue ngasih ke dia. Toh, dia nanti mikir pasti nemuin jawabannya sendiri. Lagian kalo gue ikut campur, nanti dikira menurunkan martabat dia sebagai pria.
***
Hari ini gue genap 27 tahun. Kerja di perusahaan manufaktur terkenal di Surabaya. Hidup mapan, tinggal menikah. Orang-orang mulai berpikir gue ini homo. Suka dengan sesama. Jeruk makan jeruk. Tega bener, mereka mikir gitu tentang gue. Memang selama ini, gue fokus sama kerjaan yang numpuk mengejar karier lah istilahnya. Urusan cewek udah jadi ke nomor sekian dari planning list gue. Hingga gue selalu nolak cewek yang nggak gue kenal ngomong suka ma gue atau ngajak gue nge-date.
Kali ini berbeda. Namanya Rosemary. Gue manggil dia Rose. Kita kenalan lewat forum di internet. Waktu itu gue lagi senggang, jadi surfing bentar buat ngebuang kepenatan selama lembur. Kebetulan dia juga engineer, jadi kita nyambung. Lama-lama gue betah kirim-kirim imel sama dia. Bahkan gue sering make waktu kerja gue buat chatting ma dia.
Rey-I-N : Lo kerja dimana, Rose?
Rose : Tidak kja. Aku sdg myelesaikan tesis.
Bahasa Rose yang baku itu membuatku bertanya-tanya . Pastilah dia bukan orang Indonesia.
Rey-I-N : Lo asli mana sih?
Rose : Thailand
Hem..Tuh kan bener…Gue sebagai orang Indonesia aja make bahasa baku Cuma pas jaman sekolah dulu kalo nggak pas meeting. Kalo ada orang pake bahasa sesuai EYD, pasti seorang petinggi atau orang asing yang belajar bahasa Indonesia. Kategori yang pertama nggak mungkin, so pasti yang kedua.
1 bulan kami asyik chat-chit-chat via dunia maya, gue nggak sabar pengen denger suara si Rosemary. Kalo soal wajah, nggak jauh beda sama orang Indonesia. Agak chinese sih, tapi no problemo. Malam itu gue nelpon dia, nggak tau napa gue udah buang gengsi gue yang gede itu, gue curhat sama dia. Tentu aja, gue pake bahasa Inggris daripada dia nggak gitu ngetri gue pake bahasa Indonesia gue yang udah ancur. Dia dengerin keluh-kesah gue tentang gue yang perfectionist sampe kini ada aja sikap cewek yang suka gue yang bikin gue nggak ngerti.
Rose, cewek itu benar-benar mengerti gue. Dia kasih gue nasehat yang nggak menggurui, seolah-olah dia memposisikan dirinya sebagai seorang cowok. Setelah gue cerita, dia gantian cerita. Dia sedih, selalu ngerasa sendirian di Jakarta. Problem budaya bukan masalah yang utama, tapi ia merindukan keluarganya di Thailand.
“It’s been a year since I’ve met my Mom. It’s hard for me. It’s like a homesick, you know! You miss everything and you feel lonely in a place that you have never recognized before.”
Gue tahu dia nangis pas ngomong itu.
“I know, but you must know that I’m here for you. I’m here for you, you won’t feel alone anymore.”
Sadar nggak sadar gue nyanyi nih lagu. Nggak peduli berapa pasang telinga rusak selama denger sura gue yang fals. Selama 27 tahun gue hidup ini momen pertama bagi gue. Gue bilang sayang sama cewek yang belum pernah gue temuin. Yang hanya gue liat fotonya di friendster atau terkadang gue liat dia lewat webcam. Kami dihubungkan dengan yang namanya teknologi kabel.
However far away I will always love you
However words I say I will always love you
Whenever games I play I will always love you
I will always love you
Yeah..Lagunya 311, band favorit gue. Habis selesai nyanyi satu lagu, eh dia ngakak gitu. Wuah, maksudnya nembak serius dikira mainan. Ya sudah lah, yang jelas dia nggak sedih lagi. Terakhir dia bilang makasih udah ngehibur dia, but pake embel-embel,”Rey, next time don’t try to sing by phone. It sucks...”
Dia adalah gadis yang gue sebut sempurna untuk pertama kalinya. Wajahnya cantik, rambut hitam panjang dan lurus membingkai wajah cantiknya. Tiap kata yang ia ucapkan seakan-akan seperti nyanyian para malaikat. Benar-benar indah. Oh…She’s my angel.
Malam itu gue jatuh cinta.
God, I’m falling in love…
Kami menikmati hubungan cinta via kabel ini. 1 bulan berlalu sejak gue bilang suka ke dia. Ada kerinduan yang mendorong gue buat ketemu dia. Rasanya gue pengen nikahin dia langsung, nggak usah pake embel-embel pacaran.
Bulan Agustus, kebetulan ada libur tiga hari karena tanggal 17 yang jelas merah, tepat di hari Jumat. Gue putusin pulang ke Jakarta nemuin gadis idaman yang sekarang punya status my boo sekaligus nengok orangtua.
Sepulang kantor gue langsung pesen tiket pesawat ke Jakarta. Gue udah nggak sabar ketemu Rose. Pagi gue nyampe di Jakarta, disana udah ada Firman sobat gue semasa kuliah dulu yang njemput gue. Gini lah kalo jadi anak tunggal yang nggak mau ngrepotin orang tua, tapi ngrepotin temen nggak masalah.
Sampe di rumah, setelah mandi and sarapan, gue langsung cabut. Rencana gue bikin kejutan buat Rose. Jadi gue reserve di resto paling oke and romance di Jakarta ini. Nggak lupa gue minta bantuan yang punya resto buat nyetting biar sesuai dengan acara nanti malam. Untung tuh resto punya band sendiri yang ada pemain biolanya. Cocok deh, nggak usah cari-cari lagi. Gue langsung nyodorin teks, chords, beserta rekaman lagu Tata Young yang judulnya for you I will.
Sore setelah semua tersetting dengan baik, gue nelpon Rose. Malam ini gue pengen ngajak dia dinner sekalian minta dia buat jadi calon istri. Gue minta alamat dia yang lengkap, nggak salah dugaan gue. Dia tinggal di apartemen. Gue mencet bel dan sesosok Rose tersenyum saat dia membukakan pintu.Gue takjub liat Rose. Dia punya badan kayak model, tingginya mungkin 170cm. Ia mengenakan gaun berwarna hitam, terlihat elegan dan anggun serta tas tangan yang kalo gue nggak salah liat sih mereknya Prada. Entah asli atau palsu, gue nggak concerned sama girl’s stuff. Yang jelas dia cantik banget.
Kami melaju menuju tempat kami dinner nanti, jaraknya 30 menit dari apartemen. Hanya jalan itu yang tercepat menurut ingatan gue yang rada bocor ini. Selama di mobil, Rose lebih banyak diam. Sesekali gue curi pandang ke dia yang nggak ia lakuin ke gue, dia lebih suka membuang pandangannya ke luar jendela.
Mungkin dia segan ma gue yang ganteng ini, pikir gue yang mendadak narsis.
Tepat di umur gue yang ke 27 tahun lebih 6 bulan. Gue akan meminang gadis pujaan gue. Dugaan gue sama sekali nggak meleset, sehabis gue bukain pintu buat dia, dia surprised ngambilin mawar-mawar yang udah gue tata sendiri di sepanjang jalan. Tiap ia berhenti dan memungut mawar, ia membaca kata-kata yang gue selipin di setiap tangkainya dengan kertas beserta tulisan tangan gue yang jelek tapi terbaca. Gue nggak bisa mendeskripsikan ekspresi mukanya saat itu, yang gue tahu, dia bilang,”Rey..This is so sweet” atau “Oh, My God! I really-really like this, Rey!”
Totally, I’m successes.
Hingga kami menikmati makan malam kami. Gue mesen makanan favorit dia, ditemenin lagu favorit dia. Ia nggak henti-hentinya bilang makasih ke gue. Dia bilang gue orang pertama yang ngelakuin hal seromantis ini buat dia. Gue balas ngomong kalo ini pertama kalinya juga gue lakuin ini sama cewek.
Selesai dinner dengan ditemani para pemusik, gue megang tangan dia. Gue mandangin dia penuh cinta. Tangan kiri gue merogoh cincin di saku gue. Gue tau dia nervous, gue ambil cincin itu trus makein di jari manisnya. Malam itu gue ngelamar dia. Diiringin lagu kesukaaannya.
I would cross the ocean for U
I would go and bring U the moon
I would be your hero Ur strength anything U need
I would be the sun in Ur sky
I would light Ur way for all time
Promise U for U I will
“I love U, Rosemary. I want to be with you forever. I want you to be my wife for the rest of my life...”
***
“Oh…So Sweet…Terus dia jawab apa? Let me guess. I do cherish you, right?” tanya Firman antusias.
Gue ambil napas dalam-dalam. Gue perlu waktu buat nyeritain semua.
“Gue ditolak.”
“Ha!?!? Setelah apa yang lo lakuin buat dia?”
Malam ini gue habisin waktu ngobrol semaleman bersama Firman di tempat favorit kami, Peacock kafe. Seperti yang gue bilang dulu, Firman itu beruntung. Akhirnya dia nikah juga sama Lanny setelah satu tahun kami diwisuda. Waktu itu dia pasti nemuin jawaban buat nggak nyia-nyiain apa yang udah dia punya, nah gue?
Gue ini mungkin terlalu sombong. Nggak pernah bersyukur sama apa yang gue dapet. Sama cewek-cewek yang semasa kuliah dulu ngebuang harga diri mereka sebagai cewek, buat ngejar-ngejar gue.
Gue nyeruput hot chocolate buat nenangin diri. Setelah 1 bulan berlalu, ini pertama kali gue cerita ke orang tentang masalah gue. Agak terlambat sih, “first love in the late twenties”. Gue sodorin aja laptop gue, nunjukkin ke Firman tentang alasan dia nolak gue. Alasan yang benar-benar rasional.
To : Reyn_something@yahoo.com
From : Mizz-Tata@yahoo.com
Subject : About Us
Rey, u know what, I love U too. It’s hard for me to write this for you. It’s hard to say goodbye. Oh, I hate farewell like this. It’s getting me insane, but I have to say this for you. The truth I keep inside for a long time. Sorry…Maaf…Maaf aku tidak bisa menerimamu lebih dari ini. Aku tidak mau membuatmu kecewa, Rey. Percayalah, kamu akan lebih bahagia. Hal yang mendasar kenapa cinta tidak bias menyatukan kita karena kita terlalu sama. Kita mempunyai persamaan yang terlalu banyak. Dalam cinta, kita juga membutuhkan perbedaan agar kita bisa saling memahami, mengerti, mengisi, mau menerima perbedaan. Kita terlalu sama, ego kita, pemikiran kita, pandangan kita mengenai suatu permasalahan. Seperti halnya pria dan wanita, mereka ditakdirkan untuk bersama. Itulah takdir. Mungkin ada juga yang keluar dari jalur itu, yang aku sebut sebagai faktor yang tidak bias dijelaskan.
Rey, aku adalah bagian dari kesekian faktor yang menyimpang itu. Aku sama denganmu. Aku laki-laki. Aku ini transgender. Aku menjadi perempuan dengan melakukan operasi berkali-kali hingga aku menjadi seperti ini. Banyak yang seperti aku jika kamu berkunjung ke Thailand. Mereka memiliki nasib yang sama denganku. Berbeda dengan di negaramu ini, kaum minoritas seperti kami ini tidak memiliki hak. Kalian memandang kami sebelah mata. Tapi, lihatlah aku Rey, aku adalah salah satu yang berhasil.
Maafkan aku Rey. Maafkan aku tidak jujur dari awal. Kamu membuatku sulit mengatakan semua. Kamu yang membuatku mengerti tentang cinta. Cinta yang belum pernah aku dapatkan sebelumnya. Kamu membuatku benar-benar menjadi seorang wanita yang dicintai pria. I hope U’ll find the real woman soon. A perfect woman for you.

With Love, Rosemary

No comments:

kerja dirumah