Thursday, February 18, 2010

Merantau part 2

Nyampe juga di Bandara Kalimaru

Celingak-celinguk nyari orang yang katanya mau jemput gw sama win, tapi ditunggu 15 menit tuh orang yang katanya pake seragam kantor nggak nongol juga. Akhirnya kita ongkang-ongkang kaki nggak jelas, sambil merhatiin orang2 lalu lalang. Disamping gw ada bapak2, mukanya galak banget, sombong, sok, nggak banget dah. Dia keliatan mencet2 hape, terus marah2 minta jemput.


Jemputan kita akhirnya dateng juga, menepilah mobil kantor warna abu2 (nggak penting ya nyebutin wana), sesosok bapak keluar.Nyamperin kita2 anak magang. Ternyata si bapak-muka-sombong itu juga orang yang mau kerja di Berau Coal. Ternyata dia juga 1 pesawat ma kita dari Jogja.

Malemnya sepupu jauh gw nyamperin gw di hotel, nih pertama kali gw ketemu dia. Nggak nyangka mukanya bule abis. Baru tau kalo sepupu gw ada keturunan Belanda. Kalo diibaratin dia mirip mike lewis gt, tinggi, kulitnya putih kemerahan. Singkatnya dia ganteng mampus. Malem pertama gw diajakin puter2 tepian. Jadi, tepian itu tempat gaolnya orang2 buka pek tengah malem. Sepanjang sungai banyak orang2 nongkrong sambil mencicipi berbagai menu makanan yang ajib pastinya.


Seperti cerita gw sebelumnya dengan termehek2 gw tidur karena capek nangis, nggak tau juga. Pas nyampe sana gw pengen pulang. Kayaknya gw gak bisa dah 2 bulan LDR gt. Payah banget.



Day 1 kerja praktek

Hari pertama kerja praktek ngebosenin banget! Nganggur nggak jelas di HRD. Duduk, induksi bentar, terus nunggu. Setiap tanya apa yang harus kami lakuin mesti disuru nunggu instruksi. Kita induksi bareng sama bapak bermuka sombong yang dia sok jaim males gitu nanggepin omongan kita2 anak magang. Oh y, bapak bermuka sombong itu bernama Pak Agung yang nantinya bakalan kita ulas lebih lanjut.

Induksi Safety
Gw salut banget sama perusahaan ini, mereka bener2 menerapkan green mining system. Mereka juga menganggap pekerja adalah aset yang harus dijaga. safety is everyone responsibility. Nah, karena saking salutnya itu gw harus ngubah tema KP gw yang awalnya ergonomi industri, sistem keselamatan kerja, ato semacamnya itu jadi bener2 engineer. Hasyah, padahal gw paling males berurusan dengan mesin dan perhitunga cacingnya itu. Ok, back to safety, setiap pagi sebelum mereka kerja selalu melakukan review pekerjaan dan safety. Mantap dah, belom pernah gw nemuin safety diutamain kayak di perusahaan ini.

Induksi HRD
Datar2 ajah, company profile, dan apa aja yang udah dilakuin ma CSR mereka.Gw nguap berkali2 karena bosen. Ada beberapa bagian juga sih yang bikin gw takjub. Overall great company =D


Hari kedua
Gw masih nganggur nggak jelas, karena belom boleh ke tambang kalo nggak pake APD (baca: alat pelindung diri). Gw juga masi berharap banyak, nggak dipisah daerah operasinya ma temen magang gw satu2nya. Berkali2 tuh bos HRD ngomong kalo gw ma tmn gw bakalan dipisah tempat magangnya.
Info: di Berau Coal ada 3 Mining Operation: Lati, Sambarata, ma Binungan.
Lati, bisa dicapai pake bis, Sambarata ma Binungan pake speed Boat.



No comments:

kerja dirumah