Sunday, May 9, 2010

si ibu penjual koran

malam sabtu gw ma dy hunting poto g jelas di per4an gramed. Kata si abang di sana kalo malem bgs keknya kalo dipotret. Akhirnya kita markirin motor di deket halte bis trans, terus bersiap. Tripod sudah rapi terpasang bersama si 1000D, si abang mulai ambil posisi buat njepret. Gw? Gw bengong karena nunggu giliran minjem kamera. Pas ngelamun, pundak gw di towel2 nan mesra sama orang. Kaget, gw noleh dan mendapati mbak2 (gw taksir umurnya awal 20an) nanya ke gw.

mbak: "Mbak sama Mas wartawan bukan?"
gw: "Bukan mbak! Kami iseng aja motret pemandangan."


ok, karena gw males, gw persingkat aja. Si Mbak tadi benci banget sama wartwan karena profesi dy sebagai penjual koran. Ups, maksud gw, dy dagang koran jga bawa serta anaknya yg masi duduk di TK nol besar. Bayak wartawan yang gak pernah ijin motret ngambil gambar anaknya terus dipajang gede2 di koran. Isinya sih tentang si mbak tadi yang nggak merhatiin si anak yg masi kecil wat disuru jualan. Gw sih kasian juga liat anaknya, tapi setelah mbaknya cerita kalo si anak seneng2 aja diajak jualan gw maklum. Maklum karena kalo anaknya gw juga gak bs ngidupin itu ibu biar dy g nyuruh anaknya jualan. Maklum karena si ibu harus ngidupin 3 anaknya seorang diri sedangkan suaminya kabur ke surabaya.

Gw heran karena muka si adek yang harus ikut jualan itu gak menampakkan kesusahan. Sepertinya dy juga seneng bs bantu ibunya jualan koran, at least mereka gak minta2 di jalan.

Dy benci sama wartawan karena gara2 dy harus nanggung malu karena muka anakna terpampang di muka halaman pertama, dy juga harus nerima caci maki dari ortunya gara2 itu smua. Dy juga sering berurusan sama polisi karena kata2 kasarnya ke orang2 yang mandang rendah dirinya.

Disini gw bersikap netral, gw juga tau sebagai wartawan pasti susah cari berita. Jadi, pas nemu objek yang menarik asal jepret aja. But, harusnya mereka ijin, kalo ngambil snapshoot di 1 orang aja. BUkannya kode etiknya kek gt ya?


No comments:

kerja dirumah